CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Rumusan standar kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Mahmud Yunus Batusangkar dijabarkan dalam capaian pembelajaran lulusan yang terdiri dari sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.
SIKAP | |
Mahasiswa program studi Pendidikan islam anak usia dini diharapkan memiliki sikap sebagai berikut: | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
S11 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya |
KETERAMPILAN UMUM | |
Mahasiswa program studi Pendidikan islam anak usia dini diharapkan memiliki keterampilan umum sebagai berikut: | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
PENGETAHUAN | |
Lulusan program sarjana PIAUD wajib memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut: | |
PK1 | Mampu memahami pendekatan, model, strategi dan metode pembelajaran anak usia dini dari berbagai perspektif. |
PK2 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar kependidikan/ Islam untuk anak usia dini. |
PK3 | Menguasai pengetahuan terkait materi-materi pembelajaran untuk anak usia dini |
PK4 | Menguasai pengetahuan pengembangan teknologi dan perangkat pembelajaran dalam bidang PAUD |
PK5 | Menguasai pengetahuan terkait tumbuh kembang dan kesehatan anak usia dini |
PK6 | Menguasai pengetahuan tentang pendidikan inklusi |
PK7 | Menguasai pengetahuan terkait manajemen pendidikan anak usia dini |
PK8 | Menguasai pengetahuan terkait pembelajaran agama Islam dan budaya lokal untuk anak usia dini |
PK9 | Menguasai pengetahuan tentang pengasuhan dan perlindungan anak usia dini |
PK10 | Menguasai pengetahuan terkait kewirausahaan di bidang Pendidikan anak usia dini |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
Lulusan program sarjana PIAUD wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut : | |
KK1 | Terampil menerapkan pendekatan, model, strategi dan metode pembelajaran anak usia dini. |
KK2 | Terampil merancang dan mengaplikasikan teknologi dan perangkat pembelajaran PAUD |
KK3 | Terampil melakukan pengukuran dan penilaian tumbuh kembang anak usia dini |
KK4 | Terampil merancang dan mengaplikasikan kurikulum PAUD |
KK5 | Terampil dalam praktik pengembangan seni dan kreativitas anak usia dini |
KK6 | Terampil mengoperasikan sistem informasi dan supervisi PAUD |
KK7 | Terampil dalam pengelolaan lingkungan belajar di Lembaga PAUD |
KK8 | Terampil mengelola pembelajaran berbasis nilai agama dan budaya Minangkabau |
KK9 | Terampil merancang bentuk-bentuk usaha di bidang PAUD |